Apa Sih yang Dimaksud Dengan Perangkat Lunak ?



 Apa Sih yang Dimaksud Dengan Perangkat Lunak ?

Assalamualaikum wr wb

Apa Sih yang Dimaksud Dengan Perangkat Lunak ?

Bertemu lagi dengan antum semua, apa kabar? mudah-mudahan semuanya baik. Pada kesempatan ini saya akan membagikan artikel mengenai Perangkat Lunak (Software) yang sebelumnya kita sudah membahas mengenai perangkat keras sebelumnya, mudah-mudahan dengan artikel ini dapat membawa manfaat bagi antum semua serta menambah wawasan kita semua. Amin....

Pengertian Perangkat Lunak (Software)

Software adalah sebuah perangkat dari komputer yang dimana dia sangat berbeda dengan hardware yang dimana juga software ini berada di dalam sistem komputer yang berupa perintah-perintah untuk melaksananakan tugas dengan bahasa yang telah dibuat khusus. Seperti Operasi Arithmatik (+, -, x, /) dan logika (or, and, >,<,=) adalah sebuah bentuk dari sebgian kecil yang disusun sehingga menjadi sebuah perangkat lunak atau yang sering kita kenal Software. Penyusunan software berdasarkan teori informasi adalah dengan mengumpulkan data, lalu data tersebut di seleksi dan diurutkan menjadi sebuah informasi, kemudian informasi disusun secara sistimatis sehingga menjadi pengetahuan lalu dari pengetahuan tersebut berkembang menjadi sebuah perintah, selanjutnya perintah tersebut dijalankan dalam proses sebuah aplikasi. Perangkat lunak juga banyak mengalami perkembangan dari dahulu hingga sekarang. Banyak perkembangan tersebut karena kebutuhan manusia atas perangkat lunak itu sendiri.
Fungsi software adalah mengenali suatu program, menyiapkan aplikasi program agar komputer dapat bekerja dengan terkontrol, dan membuat pekerjaan lebih mudah dan efisisen.
Pembuatan software terus berkembang dari waktu ke waktu, Berikut merupakan sebagian dari perkembangan software yang pernah terjadi dalam sejarah Software.

1. Tahun 1993, Wallace J. Eckert membuat suatu program mekanik untuk mengontrol kerja beberapa mesin akuntasi.

2. Tahun 1942, Ada Auguasta menemukan sebuah konsep software pertama kalinya. Software itu lalu digunakan pada konsep analytical engine, suatu mesin yang dibuat oleh Charles Babbage.

3. Pada akhir tahun 1950, Istilah software engineering tersebut digunakan.

4. Tahun 1969, dua konferensi tentang software disponsori oleh komite sains NATO.

Dalam perkembangannya, yakni tahun 1960 sampai 1980 proyek pembuatan software banyak mengalami kegagalan atau hambatan, antara lain sebagai berikut.

1. Proyek melebihi anggaran yang diberikan, sehingga menyebabkan berbagai kerusakan samapai kematian. Contohnya pada tahun 1996 roket Ariane 5 meledak.

2. Terjadi pasang surut dalam produktivitas pembuatan software.


Dalam sebuah ilmu komputer, sistem operasi biasa disebut Operating system atau OS adalah sebuah sistem perangkat lunak yang bertugas untuk mengontrol dan memanajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program pengolah kata (Contohnya Wordpad), dan program-program lainnya.
Secara umum, sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer saat dijalankan. Sedangkan software0software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut berupa akses ke sebuah harddisk dan memanajemen sebuah memori, sehingga peran software tidak lagi melakukan tugas inti-inti tersebut, karena tugas tersebut dapat dilayani oleh sistem operasi.
Sistem operasi juga merupakan pengubung antar software dan hardware. Sistem operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam sebuah komputer, dan membuat sebuah komputer dapat menjalankan beberap aplikasi dsecara bersamaan dengan lancar. Sistem operasi menjamin aplikasi lainnya menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lainnya. serta memilki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, sistem operasi akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Terdapat dua jenis Sistem operasi yang diketahui berdasarkan jenis tampilannya, yaitu sistem operasi berbasis teks atau dikenal dengan bahasa inggris Command Line Interface (CLI), dan sistem operasi berbasis grafis atau dikenal dengan bahasa inggris Graphical User Interface atau GUI. Untuk lebih lanjut kita akan membahas di artikel selanjutnya, Ok terima kasih telah berkunjung dan sekiranya antum merasa artikel ini sangat bermanfaat mohon di share ke yang lain...
Wassalamu alaikum wr wb
loading...