Beberapa Contoh Perangkat keras Proses (Process)



Assalamu'alaikum wr wb
Pada kesempatan ini saya akan membagikan tautan lagi mengenai lanjutan artikel kemarin yaitu perangkat keras masukan (input), artikel pada kesempatan kali ini mengenai perangkatkeras Proses (proces). Mudah-mudahan bermanfaat bagi antum semua....,
 


Perangkat Kerja Proses (Process)

a. Motherboard

Motherboard adalah tempat pertemuan segala kegiatan dalam sebuah komputer. Motherboard meupakan sebuah papan rangkaian utama komputer untuk memasang memory, prossesor, dan perangkat lainnya. Berikut ini beberapa tipe motherboard, yaitu motherboard Gigabyte EP55-UD4P, Intel DG31PR/B, Asus P5KPL-AM, Asrock 4Core1600P35-WIFI dan AMD E1ESSENTIAL. Pada dasarnya, motherboard tersusun atas komponen-komponen seperti pada gambar berikut.
Beberapa Contoh Perangkat keras Proses (Process)


Adapun bagian-bagian dari Motherboard diantaranya
1. Port USB                                         8. Port SATA
2. Port Audio                                      9. Port LAN
3. Socket Prosessor                         10. AGP slot
4. Parallel port                                   11. CMOS Battery
5. RAM slots                                       12. PCL slot
6. Port IDE                                           13. Power Supply
7. ROM                                                 14. PCL Express x1 dan PCL Espress x4.

Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar. Motherboard penting karena menetukan kapabilitas (kemampuan), misalnya sebagai berikut :
1) Jenis dan jumlah memori RAM maksimal yang bisa dipasang pada komputer.

2) Kecepatan maksimal prosessor yang didukung, tipe, serta mereknya.

3) Jenis expansion card yang bisa dipasang (seperti PCL, ISA, AGP, PCL Express) dan jumlah slot yang tersedia.

Secara umum, motherboard mempunyai fungsi sebagai berikut ini.
1) Organisasi, mengatur dan menentukan alat (peripheral) yang bisa dipasang pada komputer.

2) Kontrol, dalam motherboard terdapat suatu chipset dan program BIOS yang mempunyai fungsi mengatur data komponen komputer lain.

3) Komunikasi, hampir semua komunikasi melalui motherboard

b. Processor
Beberapa Contoh Perangkat keras Proses (Process)


Prosessor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosessor diukur dari frekuensinya, seperti 550 Mhz (Mega Hertz). Sampai saat ini sudah ada yang mencapai sekitar 3 Ghz (Giga Hertz). Jika komputer dihidupkan, prosessor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu, setiap prossesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin. Saat ini, prosessor yang banyak digunakan adalah Intel, AMD, dan IBM.

Berdasarkan instruksi/perintah yang diterimanya, prosessor akan melakukannya dengan tiga cara, yaitu :

1) Menggunakan ALU (Arithmetic/Logic Unit), yaitu processor dapat melakukan operasi matematika (jumlah, kurang, kali, bagi), dan logika

2) Memindahkan data dari suatu lokasi memori ke lokasi lainnya

3) Membuat suatu keputusan dan beralih kepada serangkaian intruksi berdasarkan keputusan tersebut.


c. Memory
Beberapa Contoh Perangkat keras Proses (Process)


Memory berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosessor. Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory). Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prossesor. Jika komputer dimatikan data RAM akan hilang. Kecepatan dalam sebuah komputer  membaca data RAM lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan komputer dalam mebaca data yang terdapat pada hardisk. Memori dapat dibagi menjadi dua jenis.
1) Internal Memori
Internal Memori adalah memori yang terdapat pada motherboard.
2) Eksternal Memori
Eksternal memori adalah memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard. Disebut eksternal karena letaknya tidak berhubungan langsung dengan motherboard, bahkan ada yang di luar casing (box) CPU.
Beberapa Contoh Perangkat keras Proses (Process)

1) ROM (Read Only Memory)
Rom merupakan memori yang hanya dapat dibaca, tidak dapat diubah, dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap. ROM mulai berfungsi saat komputer diaktifkan.

2) RAM (Random Acces Memory)
Ram adalah memori yang dapat dibaca dan ditulis. Data yang dibaca akan ditulis pada disk serta yang dimasukkan melalui sebuah keyboard, kemudian diteruskan dan disimpan dalam memori RAM. Sifat data yang ada dalam RAM adalah dapat dimasukkan dapat diubah dan bila listrik mati atau terputus sebelum disimpan, data tersebut bisa hilang.


d. VGA ( Video Graphics Array )
Beberapa Contoh Perangkat keras Proses (Process)

VGA card merupakan bagian dari komputer yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, Layar Komputer tidak akan menampilkan apa-apa. VGA card juga merupakan tambahan atau bawaan dari produsen Motherboard (disebut VGA on board).
VGA antara lain terdiri atas memory dan kipas. Kipas dibutuhkan untuk dinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat. VGA card ada yang berupa VGA tambahan, tidak menyatu dengan Motherboard. Keuntungan VGA jenis ini dapat dengan mudah untuk diganti apabila terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis suatu komputer.



e. Sound Card
Beberapa Contoh Perangkat keras Proses (Process)

Sound Card adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Ini berguna untuk mengeluarkan suara. Pada awalnya, sound card hanyalah merupakan komponen pelengkap dari sebuah komputer, namun berbeda dengan sekarang yang merupakan perangkat wajib untuk terpasang.
Dari cara pemasangannya sound card terbagi atas 3 yaitu :

1) Sound card onboard, yaitu sound card yang dimana langsung menempel pada motherboard.

2) Sound card offboard, yaitu merupakan sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCL pada motherboard.

3) Sound card external, adalah sound card yang penggunaanya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire. Namun perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Oleh karena itu, kita perlu menghubungkan speaker dengan sound card yang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke sound card.

loading...