Beberapa Contoh Peripheral Yang Sering Digunakan Saat Ini



Beberapa Contoh Peripheral Yang Sering Digunakan Saat Ini
Assalamu'alaikum wr wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tautan mengenai Beberapa Contoh Peripheral Yang Sering Digunakan Saat Ini yang sebelumnya perangkat keras penyimpanan (Storage Device) di artikel sebelumnya mudah mudahan bermanfaat bagi antum semua. Daripada buang waktu langsuang aja yukk..

Peripheral
Selain perangkat keras masukan, proses, keluaran, dan perangkat penyimpanan, terdapat pula perangkat tambahan atau pendukung suatu komputer agar dapat menjalankan perintah dan fungsi tertentu pada suatu komputer. Perangkat tambahn tersebut diantranya :


a. Modem
 
Beberapa Contoh Peripheral Yang Sering Digunakan Saat Ini






Modem merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menjalankan perintah akses internet, Kepanjangan dari modem itu sendiri adalah Modulator Demodulator. Modem bekerja dengan melakukan pengubahan pada Gelombang analog menjadi gelombang sinyal digital dari kabel telepon sehingga komputer dapat terhubung dengan internet. Modem juga berdasarkan pemasangannya terbagi atas 2 yaitu :
a) Modem Eksternal
Menyambungkan pc ke server yang perangkat kerasnya berada di dalam CPU.
b) Modem Internal
Menyambungkan pc ke server yang perangkat keras nya berada di dalam CPU.



b. TV Tuner
Beberapa Contoh Peripheral Yang Sering Digunakan Saat Ini

TV Tuner Card merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan gambar dari chanel-chanel atau stasiun TV.

c. Sound Card 
Beberapa Contoh Peripheral Yang Sering Digunakan Saat Ini

Sound card merupakan alat/perangkat yang digunakan memunculkan suara dari dalam komputer.

d. LAN Card
LAN Card merupakan perangkat keras yang dapat digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya, sehingga membentuk suatu jaringan lokal antarkomputer. Jika LAN CARD dipasang, komputer dapat melakukan komunikasi antarkomputer dalam suatu lokasi tertentu.

e. Hub
Hub berfungsi menerima sinyal dari satu komputer dan mentransmisikannya ke komputer yang lain berfungsi untuk menggabungkan beberapa komputer menjadi satu buah kelompok jaringan semua informasi yang datang akan dikirimkan ke semua komputer (broadcast).

f. Bridge
Bekerja dengan meneruskan paket Ethernet dari satu jaringan ke jaringan lain. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda dan atau medium acces control yang berbeda.

g. Kabel Coaxial
Kabel Coaxial atau populer dipanggil “coax” terdiriatas konduktor silindris melingkar yang mengelilingi sebuah kabel tembaga ini yang konduktif. Untuk LAN, kabel coaxial menawarkan beberapa keunggulan. Antara lain dapat dijalankan dengan tanpa banyak bantuan dari repeater. Ada beberapa jenis kabel coaxial, yaitu :
1.  Kabel Coaxial Thinnet( Kabel RG-58 ) Kabel Coaxial Thinnet atau Kabel RG-58 biasa disebut dengan kabel BNC, singkatan dari British Naval Connector. Sebenarnya BNC adalahnama konektor yang dipakai, bukan nama kabelnya. Kelebihan menggunakan kabel RG-58 adalah :
     Fleksibel, mudah dipakai untuk instalasi dalam ruangan. Dapat langsung dihubungkan ke komputer menggunakan konektor BNC. Spesifikasi teknis dari kabel ini adalah :  Mampu menjangkau bentangan maksimum 185 meter.  Impedansi Terminator 50 Ohm.
Fungsi:
Kabel coaxial jenis ini banyak dipergunakan di kalangan radio amatir terutama
untuk transceiver yang tidak memerlukan output dayayang besar.
2.  Kabel Coaxial Thicknet( Kabel RG-8 )
Kabel Coaxial Thicknet atau Kabel RG-8 adalah kabelcoaxial yang dipakai untuk
instalasi antar gedung, Spesifikasi kabel ini sama  dengan dengan Kabel Coaxial
Thinnet, hanya bentuk fisiknya lebih besar. Karena  lebih besar, kabel ini dapat
menampung data yang lebih banyak sehingga cocok untuk instalasi sebagai
backbone jaringan.
Spesifikasi Teknis dari kabel ini adalah:
_  Mampu menjangkau bentangan maksimum 500 meter.
_  Impedansi terminator 50 Ohm.
_  Membutuhkan Transceiver sebelum dihubungkan dengan komputer. Supaya komputer dapat terhubung ke jaringan thicknet, diperlukan transceiver. Koneksi antara Network Adapter Card dengan transceiver dibuat dengan menggunakan drop cable untuk menghubungkan Transceiver dengan Attachment Unit Interface ( AUI ) pada Network Adapter Card. Interface dari AUI berbentuk DB-15. Bila dibandingkan antara Thicknet dengan thinnet, instalasi kabel thicknet jauh lebih sulit karena sifatnya lebih kaku dan tidak fleksibel. Tetapi melihat kapasitas data dan jarak yang bisa dijangkau, jenis kabel ini masih menjadi favorit sebagai penghubung antar gedung.

loading...