Berbagai Macam Perangkat Lunak Sistem Operasi



Berbagai Macam Perangkat Lunak Sistem Operasi

Assalamualaikum wr wb
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tautan mengenai berbagai macam perangkat lunak sistem operasi yang merupakan lanjutan dari artikel kemarin mengenai pengertian perangkat lunak. Ok langsung saja....

1. Sistem Operasi Berbasis Teks (Command Line Interface/CLI)
Command Line Interface adalah sistem operasi yang memiliki tampilan hitam putih dan hanya berisi tulisan, tanpa ada gambar dan warna. Untuk mengoperasikan sistem operasi jenis ini hanya dapat dilakukan menggunakan keyboard. Contoh sistem operasi berbasis teks yang paling populer adalah DOS dan UNIX.

a. DOS (Disk Operating System) 
Berbagai Macam Perangkat Lunak Sistem Operasi

DOS pertama kali digunakan pada IBM PC. Tahun 1982, DOS pertama kali dibuat dalam bentuk disket. Komputer-komputer versi lama menggunakan DOS sebagai sistem operasinya. Banyak fungsi DOS yang digunakan pada zaman sekarang, terutama dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer, walaupun sebenarnya bisa juga dilakukan pada sistem operasi berbasis GUI.
Berikut ini fungsi-fungsi sistem operasi DOS.
1) Mengorganisasikan kegiatan komputer
2) Mengatur memori
3) Mengatur proses masukan dan keluaran data
4) Manajemen file
5) Manajemen direktori

b. UNIX
Berbagai Macam Perangkat Lunak Sistem Operasi

UNIX merupakan sistem operasi multiuser, multiprosesor, dan multitasking yang pertama kali dan tertua yang digunakan pada PC. Sering sekali sistem UNIX menggunakan command-line interface, tetapi ada juga beberapa versi menawarkan fasilitas GUI. Karena kurang user-friendly dengan pengguna komputer, sistem operasi ini jarang digunakan. Namun karena memiliki sekuritas sistem yang bagus, sistem operasi jenis ini lebih sering digunakan pada komputer jenis server pada jaringan komputer.
Adapun varian UNIX yang dikomersilkan dan populer karena kehandalannya, seperti BSD 4.1 (1980), SunOS, BSD 4.2, SysV(1983), UnixWare dan Solaris 2 (1988), dan lain-lain. Unix yang dikembangkan dengan semangat open source atau gratis, diantaranya FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, Minix, dan Hurd.
UNIX memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.
1. Multitasking
2. Multiuser
3. Multiprosesor
4.Desain arsitektur yang independen terhadap suatu perangkat keras.
5. Berbagai device dapat dianggap sebagai file khusus
6. Memiliki sekuritas yang bagus
7. Cocok untuk lingkungan pemograman dan jaringan
8. Memiliki utilitas yang dapat saling digabungkan.

2. Sistem Operasi Berbasis Grafis (Graphical User Interface/GUI)
Sistem operasi berbasis grafis adalah sebuah sistem operasi yang mempunyai tampilan menarik dengan adanya tulisan, gambar, dan tool, sehingga mempermudah pengguna menggunakan sistem operasi ini. Sistem operasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan mouse dalam memilih menu atau meng-klik dokumen yang ingin dijalankan. Sistem operasi yang termasuk berbasiskan GUI, antara lain Microsoft Windows, Macintosh, dan Linux.

a. Microsoft Windows
Berbagai Macam Perangkat Lunak Sistem Operasi

Micrososft Windows merupakan salah satu perangkat lunak sistem operasi yang sangat populer dan banyak dipakai oleh kalangan orang di dunia karena kemudahan dalam penggunaannya. Microsoft Windows atau yang sering biasa disebut Windows saja memiliki beberapa versi. Seiring dengan perkembangan zaman, tampilan Microsoft Windows juga semakin menarik dari tiap-tiap versinya. Berikut ini beberapa versi Microsoft Windows yang beredar di pasaran.

1) Microsoft Windows 9x (95, 98, dan ME)
Windows 95 adalah sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft dan diluncurkan pada tanggal 14 Agustus 1995. Pada Windows 95, diperkenalkan tombol menu Start, menu program yang digunakan untuk mengakses grup program, dan menu Windows Explorer yang digunakan untuk memanajemen File. Selain itu, pada Windows 95 juga disediakan fasilitas Plug and play dan adanya browser Microsoft Internet Explorer.
Windows 98 adalah sistem operasi Windows yang dikeluarkan Microsoft pada 25 Juni 1998. Windows 98 merupakan pengembangan dari Windows 95. Berikut beberap fitur yang disediakan pada sistem operasi Windows 98 dan Windows ME.
a) Fasilitas plug and play yang makin baik.
b) Adanya fasilitas USB
c) Adanya fasilitas AGP.
d) Adanya dukungan terhadap Microsoft Internet Explorer 5.0.
e) Adanya dukungan pada NAT yang digunakan untuk berbagai koneksi internet.
f) Adanya fasilitas DVD.
g) Adanya dukungan pada Windows Driver Model (WDM) yang digunakan pada model perangkat keras
h) Adanya dukungan pada Windows NetMeeting.

2) Microsoft Windows 2000
Microsoft Windows 2000 yang diluncurkan pada tanggal 17 Februari 2000 oleh Microsoft Corporation. Windows 2000 didesain dengan menggunakan Graphical User Interface (GUI) secara penuh. Desain GUI secara penuh dapat mempermudah administrasi dan penggunaan sistem operasi. Sistem operasi Windows 2000 menawarkan fitur yang ramah pengguna (user-friendly). Berikut beberapa fitur baru pada Windows 2000.
a) Penggunaan model GUI secara penuh.
b) Image preview
c) Browser Microsoft Internet Explorer yang baru, yaitu Internet Explorer 5.0.
d) Dukungan untuk Microsoft DirectX
e) Adanya fasilitas Windows Media Player 6.4 Trintegrasi
f) Plug and play yang lebih canggih sehingga memasang hardware tertentu dapat langsung berjalan tanpa harus melalui proses restart.
g) Menggunakan driver untuk hardware berbasis Windows Driver Model (WDM)
h) Dukungan untuk manajemen daya yang lebih baik, yaitu ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) yang dapat menghemat daya, utamanya ketika digunakan pada komputer portabel, seperti halnya laptop atau notebook.
i) Terminal service yang telah terintegrasi.

3) Microsoft Windows XP
Sistem operasi Windows XP (Windows 5.1 bild 2600) dirilis 25 Oktober 2001 di Amerika Serikat. Nama XP sendiri, menurut Microsoft merupakan singkatan dari kata Experience, yang memiliki arti bahwa Windows XP membawa pengalaman baru dalam dunia komputasi. Tampilan Windows XP pun dirombak hingga menjadi lebih mudah untuk digunakan. Berikut ini adalah fitur dari Windows XP Profesional.
a) Dukungan terhadap sistem domain Active Directory
b) Memiliki pengaturan kontrol akses yang lebih canggih dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya
c) Mendukung sistem berkas terekripsi (EFS)
d) Mendukung manajemen sistem secara terpusat
e) Dukungan terhadap arsitektur multiprosesor simetris

4) Microsoft Windows Vista
Windows Vista dirilis pada 8 november 2006 untuk pengguna bisnis dan 30 januari 2007 untuk pengguna rumahan. Sistem operasi berbasis grafis dari microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop maupun media center.
Windows vista memiliki dafta panjang untuk ratusan-rautusan fitur-fitur baru, ftiur yang diperbarui, dan fitur yang ditingkatkan kemampuannya. Berikut beberapa fitur yang terdapat pada Microsft Windows Vista.
a) Penggunaan antarmuka Windows Aero
b) Tombol satrt diubah dengan tombol windows pearl yang baru
c) Adanya fasilitas search (Pencarian)
d) Adanya dukungan pada Microsoft Internet Explorer 7+
e) Adanya dukungan pada Windows Media Player 11
f) Adanya fasilitas terhadap layar sentuh (Touchscreen)
g) Adanya fasilitas berupa Windows Calendar, Windows Photo Gallery, Windows DVD Maker, dan Windows Collaboration.
h) Windows Vista merupakan sebuah teknologi inti. Windows Vista diluncurkan sebagai produk berbasis teknologi dan sebagai sistem yang solid yang mencakup teknologi-teknologi baru tingkat tinggi.
i) Adanya peningkatan kemampuan memory manager dan process scheduler.
j) Fasilitas untuk memblok situs Internet lewat Browser Internet Explorer 7.
k) Fasilitas untuk mendeteksi program-program bajakan yang ada di komputer.

5) Windows 7
Windows 7 (sebelumnya berkodekan Blackbomb atau Vienna) adalah versi Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows ini memiliki kernel N.T 6.1. Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan hanya dirilis dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Windows 7 dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009. Setiap pengguna dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista.

6) Windows 8
Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diptoduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, notebook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem Operasi ini menggunakan mikroprosessor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan intel dan AMD. Antar muka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard. Sehingga windows 8 didesain untuk perangkat tablet sentuh.
Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru Windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8. Microsoft kini telah mengeluarkan Windows 8 Enterprise yang memiliki fitur paling lengkap di antara versi Windows 8 lainnya, seperti layar mulai memiliki pilihan latar belakang warna yang lebih bervariasi.

7) Windows 10
Microsoft windows baru-baru ini meluncurkan Windows 10 yang merupakan fitur lebih lengkap dari Windows 8. Dekstop yang digunakan windows 10 lebih menarik dan styles dibandingkan versi sebelumnya. Walaupun versi Windows 10 ini bisa dikatakan cukup berat untuk PC, apalagi yang berukuran ram yang kecil. Jadi, disarankan apabila ingin memasang windows 10 ini harus menambah RAM dalam PC. 

b. Macintosh (Mac OS)
Mac OS merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh. Pertama dikeluarkan pada bulan Januari 1984, sangat mudah digunakan (user friendly) dibandingkan dengan yang lainnya. Versi terbaru yang dikeluarkan Macintosh sistem operasi, yaitu sistem "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9.
Mac OS X Server dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya, versi server ini mirip dengan versi standarnya, dengan perbedaan bahwa versi server mencakup perangkat lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah perangkat lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi, seperti SMTP, SMB, LDAP, dan DNS. Mac OS X merupakan sistem operasi yang menggunakan kernel BSD, sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya, sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang dekstop lain.

c. Linux
Pertama kali dikeluarkan pada tahun 1991 oleh Linus Torvald. Linux merupakan salah satu varian dari sistem operasi Unix. Linux generasi pertama merupakan sistem operasi berbasis teks. Sistem operasi Linux berkembang pesat karena sifatnya open source. Saat ini, Linux telah berbasiskan grafis sebgai antarmukanya. Linux terdiri atas beberapa distribusi (distro/pengembang). Beberapa contoh distro Linux, antara lain Mandrake, Suse, Fedora dan Core.
Linux mendukung banyak perangkat keras komputer dan telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, superkomputer, dan sistem benam (embedded system), seperti telepon seluler (ponsel) dan perekam video pribadi.
Berikut ini beberapa kelebihan Linux.
1) Penggunaan antarmuka grafis (GUI).
2) Adanya kemudahan dalam pemakaian (user friendly)
3) Biaya rendah.
4) Keamanan data dijamin
5) Tidak tergantung pada vendor
loading...