Macam-Macam Perangkat Keras Masukan (Input)

Macam-Macam Perangkat Keras Masukan (Input)


Assalamu'alaikum wr wb
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tautan mengenai lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu mengenai macam-macam perangkat keras masukan (input), diantaranya Keyboard/papan ketik, mouse, scanner, joystick, touchpad, Kamera digital, panel sensitif sentuhan (Touch-screen), serta mikropon dan head phone. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi antum semua.
Macam-Macam Perangkat Kerja Masukan (Input)


Perangkat Keras Masukan (Input) 

Perangkat masukan yaitu perangkat keras komputer yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan komputer. Kamu dapat menggunakan peralatan ini untuk memasukkan perintah, data, atau informasi ke dalam perangkat proses komputer. Peralatan termasuk perangkat masukan, diantaranya papan tombol (keyboard), telitikus (mouse), pemindai (scanner), dan papan permainan (joystick).

Adapaun prinsip perangkat kerja masukan yaitu dengan mengubah suatu perintah yang dipahami manusia ke dalam bentuk yang dapat dimengerti komputer (machine readable form). Contoh salah bentuk yang dapat dimengerti oleh komputer adalah kode-kode yang merupakan kode biner yang terdiri atas angka 0 dan 1.
Perangkat masukan dapat dibedakan menjadi 2 jenis, perangkat masukan secara langsung dan tidak langsung. Pada perangkat masukan langsung, input yang dimasukkan akan langsung diperoses oleh alat pemroses (CPU) tanpa disimpan oleh penyimpanan media luar. Contoh perangkat input langsung, antara lain mouse, keyboard, joystick, scanner, cardreader, MICR (magnetic ink character recognition), dan touch screen

Pada perangkat masukan tidak langsung, input yang dimasukkan akan dialihkan terlebih dahulu pada suatu alat/media tertentu sebelum akhirnya diproses oleh CPU. Biasanya, input tersebut tersimpan dalam dalam media simpanan luar (external memory), seperti magnetic disk (hardisk dan disket) dan optical disk (CD, DVD, dan VCD). Magnetic disk menyimpan data melalui magnetisasi suatu medium, sedangkan optical disk menyimpan data melalui suatu media yaitu sinar laser yang kemudian ditangkap/direspon oleh keping CD/DVD.


a. Keyboard/Papan ketik



Keyboard merupakan perangkat perangkat keras masukan yang secara umum paling sering digunakan. Berdasarkan letak dan fungsinya umumnya keyboard terbagi lagi dalam beberapa kelompok diantaranya tombol ketik (typewriter keys), tombol sistem (system keys), tombol aplikasi (application keys), tombol fungsi (function keys), tombol numerik (numeric keypad), tombol kontrol (cursor control keys), tombol ENTER, dan tombol-tombol tambahan.

Berikut fungsi tombol-tombol pada keyboard.

1) Tombol Ketik (Typewriter Key)
                Tombol ini terdiri atas huruf, angka, tanda baca, simbol-simbol khusus, dan tombol-tombol dengan fungsi khusus. Fungsi tombol-tombol khusus itu adalah diantaranya sebgai berikut.

a) Tab
Tombol ini berfungsi untuk melakukan perintah pemindahan kursir 1 tabulasi ke kanan.

b) Back Space
Tombol ini mempunyai fungsi untuk menghapus satu karakter ke sebelah kiri kursor.

c) Caps Lock
Tombol ini mempunyai fungsi untuk menjadikan suatu huruf berukuran kapital dengan mekanisme apabila tombol caps lock ditekan maka lampu indikator caps lock akan menyala, tetapi apabila tombol caps lock ditekan seklai lagi maka lampu indikator caps lock akan mati.

d) Esc
Tombol ini mempunyai peran untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu, atau keluar dari suatu jenis aplikasi apabila sedang dijalankan.

e) Ctrl (Control) dan Alt (Alternative)
Tombol-tombol ini akan memiliki fungsi khusus jika ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya misalnya dalam aplikasi word, Ctrl + B ini merupakan tombol yang menandakan perintah menebalkan suatu huruf (Bold), sedangkan untuk Alt + F4 merupakan perintah untuk menutup suatu program yang sedang aktif akan tertutup.

f) Shift
Tombol ini jika ditekan bersamaan dengan suatu huruf, maka huruf tersebut akan menjadi huruf kapital. Misalnya Shift + a = A.

g) Space
                Tombol ini adalah suatu tombol yang berperan untuk memberikan tanda spasi pada suatu teks.

2) Tombol Sistem (System Keys)
Tombol sistem hanya terdiri atas tombol Windows di sebelah kiri dan kanan dari tombol ketik. Tombol windows ini merupakan shortcut  untuk membuka Start Menu.

3) Tombol Aplikasi (Applycation Keys)
Tombol sistem hanya terdiri atas tombol aplikasi. Fungsi dari tombol ini sama dengan ketika kamu klik kanan mouse sesuai dengan program yang sedang aktif.

4) Tombol Fungsi (Function Keys)
Macam-Macam Perangkat Kerja Masukan (Input)

Tombol ini terdiri atas F1 sampai dengan F12, dan terletak pada bagian atas keyboard.
Tombol F1, digunakan untuk membuka menu help.
Tombol F2, digunakan untuk mengganti nama ketika kamu menggunakan Windows/Windows.
Tombol F3, jika kamu bekerja menggunakan Windows/Windows Explorer, tombol ini berfungsi untuk membuka Window pencarian file (Find Files).
Tombol F4 berfungsi untuk menutup semua Windows yang sedang aktif (sama seperti mengklik tombol close di pojok kanan atas Windows)
Tombol F5, fungsi refresh (membuka kembali) akan kita dapatkan dengan menekan tombol ini.
Tombol F6, tombol ini biasanya digunakan untuk memindahkan kursor dalam struktur sebuah program tanpa menggunakan mouse.
Tombol F7, biasanya berfungsi pada program-program tertentu pada game.
Tombol F8, tombol ini seringkali digunakan untuk mengakses safe mode ketika komputer sedang dalam proses booting (awal pengaktifan komputer)
Tombol F9 sama dengan fungsi pada F7.
Tombol F10 adalah tombol yang perlu dipencet ketika kamu ingin mengaktifkan menu bar (menu paling atas yang biasanya bertuliskan File, Edit, View, dst) dalam banyak program.
Tombol F11, tekan tombol ini ketika kamu ingin menggunakan Internet Explorer, maka window-nya akam menjadi full screen.
Tombol F12 sama dengan fungsi pada F7 dan F9. Misalnya untuk membuka jendela Save as pada program Microsoft Word.
5) Tombol Numerik (Numeric Keypad)

Tombol ini terdiri atas angka mulai dari 0 sampai dengan 9 dan tanda operasi Matematika. Tombol ini biasanya terletak di bagian kanan keyboard yang terdiri atas angka dan arrow key.
6) Tombol Kontrol (Cursor Control Keys)

Tombol ini memiliki empat tombol khusus yang digunakan untuk mengarahkan kursor titik pada sebuah monitor.
7) Tombol Enter

Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru pada program Microsoft Word atau untuk melakukan suatu proses perintah.
8) Tombol-tombol lainnya

Tombol Delete, berfungsi untuk mengahapus suatu jenis file, Tombol keypad berfungsi untuk memindahkan posisi kursor. End ke akhir lembar kerja. Home menuju ke awal baris atau sudut kiri layar atas. Page down menggerakkan kursor ke arah bawah. Insert untuk memasukkan/menyisipkan karakter. Tombol Printscrn berfungsi untuk mengkopi full screen pada monitor kedalam clipboard, sehingga menghasilkan sebuah gambar sesuai dengan tampilan di monitor.


b. Mouse

Macam-Macam Perangkat Kerja Masukan (Input)

Mouse adalah salah perangkat keras masukan (input) yang berfungsi menggerakkan pointer pada layar monitor. Selain itu pula digunakan untuk menunjuk pointer pada suatu posisi layar.

Fungsi-fungsi di dalam mouse sebagai berikut.

1) Klik satu kali(single click), artinya menekan mouse di tombol kiri secara cepat dan tepat dalam sekali.

2) Klik 2 kali (double click) artinya menekan tombol mouse dua kali secara cepat dan tepat.

3) Klik kanan (Right click) artinya menekan tombol kanan mouse secara cepat dan tepat.

4) Klik dan geser (drag) artinya tekan terus tombol kiri mouse, kemudian geser sesuai pada tempat tertentu

5) Drop, artinya melepas tombol sehabis melakukan drag.

Berdasarkan car prinsip kerjanya mouse terbagi atas 2 macam :
1) Mouse mekanis
                Bola yang berada ditubuh mouse akan berputar jika mousenya digeser. Putaran bola ini akan memutar dua buah roda sensor yang dipasang secara ortogonal, sehingga dengan demikian akan diketahui posisi dari kursor mousenya.

2) Mouse Optik
Sensornya terdiri atas dua buah LED dan duah buah lensa (photo-transistor) untuk mendeteksi gerakan. Salah satu LED mengeluarkan cahaya merah, yang lainnya mengeluarkan cahaya inframerah. Jenis mouse ini memerlukan landasan khusus yang berisi jala-jala yang tersusun tegak lurus. Jala-jala tersebut akan menyerap warna tertentu jika mouse digerakkan menuju arah tertentu.


c. Scanner
Macam-Macam Perangkat Kerja Masukan (Input)

Scanner adalah alat untuk mengonversi atau mengubah gambar/dokumen manual menjadi gambar/dokumen digital. Adapun merek scanner yang biasa digunakan, diantaranya Cannon, HP, Winpro, Umax, Mustek, Acer dan sebagainya. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan pemindaian pada LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan ujian nasional adalah scanner IR yang memiliki sensor yang dibuat optik sehingga mengenali jenis pensil 2b.


d. Joystick
Macam-Macam Perangkat Kerja Masukan (Input)

Joystick digunakan untuk keperluan game selama bertahun-tahun. Saat ini ukurannya semakin kecil, semacam pensil yang terletak diantara tombol keyboard. Joystick ini biasa terdapat pada komputer portabel.


e. Touchpad
Macam-Macam Perangkat Kerja Masukan (Input)

Touchpad ini adalah pad kecil yang terdapat pada komputer portable yang sensitif akan tekanan atau sentuhan. Touchpad seringnya terdapat komputer notebook dan dipakai sebgai pengganti mouse. Pada saat jari user atau ujung pena menyentuh beberapa titk pada pad, tekanan tersebut menyebabkab perubahan karakteristik listrik bahan pada titk tersebut.


f. Kamera digital
Macam-Macam Perangkat Kerja Masukan (Input)



Kamera digital merupakan salah satu perangkat input yang sedang marak akhir-akhir ini. Kamera ini mampu merekam gambar-gambar diam atau bergerak menjadi bit-bit data kedalam file komputer. Gambar digital itu mampu diolah ke dalam program-program komputer dan bisa juga dicetak berapa kalipun tanpa menghilangkan kualitas gambarnya.


g. Panel Sensitif Sentuhan (Touch-Screen)

Macam-Macam Perangkat Kerja Masukan (Input)

Piranti interaktif yang bekerja dengan cara mendeteksi ada tidaknya sentuhan tangan atau stylus langsung ke layar komputer. Panel ini bekerja dengan cara menginterupsi matrix berkas cahaya atau dengan mendeteksi adanya perubahan kapasintansi atau bahkan pantulan ultrasonik. Mempunyai rasio kontrol/tampilan sama dengan satu. Cocok untuk ditempatkan di tempat ramai dan kurang "ramah".


h. Mikropon dan Head Phone
Macam-Macam Perangkat Kerja Masukan (Input)

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam/memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikrofon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chatting.


loading...