Perangkat Keras Komputer


Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer


Tidak dipungkiri lagi, komputer merupakan suatu alat kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam melakukan berbagai macam hal. Informasi dapat secara langsung kita jumpai melalui komputer dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tautan blog mengenai Perangkat keras komputer kepada antum semua.

PERANGKAT KERAS KOMPUTER (Hardware)

Perangkat Keras Komputer

Komputer dapat bekerja jika terdapat unsur-unsur, yaitu perangkat keras(hardware), perangkat lunak(software), dan pemakai komputer(brainware). Coba perhatikan perangkat yang ada pada komputer apabila kita menyentuhnya maka kita akan merasakan perangkat tersebut, itulah yang dimaksud dengan perangkat keras komputer.

                Perangkat keras dapat dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan cara kerjanya mengolah data. Data berasal dari kata "datum" yang merupakan arti dari fakta ( Kenyataan ), yaitu suatu kejadian atau peristiwa yang diambil karena mempunyai/mengandung arti yang sangat berarti. Data dapat berupa simbol-simbol, gambar-gambar, huruf-huruf, atau angka-angka. Setelah data diproses melalui suatu pengolahansedemikian rupa, akan menghasilkan informasi yang lebih berguna daripada hanya berupa data.\

                Proses pengolahan data pada komputer mengalami menjadi tiga tahap, yaitu masukan (input), proses (processing), dan keluaran(output). Jadi berdasarkan pengolahan datanya, perangkat keras komputer terdiri atas perangkat keras masukan, perangkat keras pemroses, dan perangkat keras keluaran.


PENGELOMPOKAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Secara garis besar, perangkat keras komputer terbagi menjadi empat jenis yaitu, perangkat masukan(input device), perangkat keras(process device), perangkat penyimpanan(storage devices), dan perangkat keras keluaran (output devices). Namun, ada yang juga biasanya menambahkan satu perangkat lagi, yaitu yang disebut dengan perangkat tambahn peripheral.
 

1. Perangkat keras masukan

Perangkat Keras Komputer

 


Perangkat keras komputer merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan komputer. Dalam menggunakan peralatan ini antum dapat memasukkan perintah berupa data atau informasi ke dalam perangkat keras komputer. Contoh peralatan perangkat keras masukan diantaranya papan tombol (keyboard), mouse, scanner, joystick, touchpad dan masih banyak lagi lainnya.

                Prinsip kerja perangkat keras masukan yaitu dengan memasukkan perintah yang dipahami manusia diubah ke dalam perintah yang dimengerti oleh komputer(machine readable form). Bentuk yang dapat dimengerti salah satu contohnya yaitu bilangan biner yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1 serta terdapat juga bilangan desimal yang terdapat angka dari 0-9.

                Terdapat dua jenis perangkat lunak yaitu perangkat keras masukan secara langsung dan perangkat keras masukan secara tidak langsung. Pada perangkat keras masukan secara langsung, input yang dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemproses (CPU) tanpa disimpan oleh penyimpanan media luar. Contoh perangkat masukan langsung, antara lain mouse, keyboard, joystick, scanner, cardreader, MICR (magnetic ink character recognition), dan touch screen.

                Pada perangkat masukan tidak langsung, input yang dimasukkan akan dilewatkan terlebih dahulu pada suatu media tertentu sebelum diproses oleh CPU. Biasanya input tersebut disimpan pada media simpanan luar (external memory), seperti magnetic disk (harddisk dan disket) dan optical disk (CD, DVD, dan VCD). Magnetic disk menyimpan data melalui magnetisasi suatu medium,sedangkan optical disk menyimpan data melalui sinar laser yang ditangkap oleh keping CD/DVD.


2. Perangkat Keras Proses (Proces)
Perangkat Keras Komputer


Perangkat keras dalam komputer disebut dengan CPU (Central Processing Unit), yang berarti Unit Pengolah Pusat. CPU (dan juga media penyimpanan dan perangkat input-output) merupakan komponen yang penting pada masa perkembangan komputer. Sebuah CPU yang dibangun sebagai satu komponen terintegrasi dikenal dengan mikroprosessor (microprosessor). Sejak awal pertengahan tahun 1970-an, secara bertahap mikroprosessor lama tergantikan oleh rancangan mikroprosessor yang lebih kompleks dan berkemampuan hitung lebih tinggi.
                CPU merupakan otak dari komputer yang mengatur dan memproses seluruh kerja komputer. Tugas CPU adalah melaksanakan dan mengawal keseluruhan operasi komputer. CPU memiliki tiga komponen utama yang merupakan bagian tugas utamanya yaitu sebagai berikut.
                a. Unit Kendali (Control Unit/CU)
Untuk mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer serta mengatur kapan alat input menerima data dan diolah dan ditampilkan.
                b. Unit Aritmatika dan Logika (Arithmatic and Logic Unit/ALU)
Melakukan semua perhitungan aritmatika dan pembandingan (seperti penjumlahan, pemgurangan, dan beberapa logika lain).
                c. Unit Penyimpanan (Memory Unit/ MU)
MU adalah alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi. Unit ini digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses,sementara data dan instruksi lain yang menunuggu giliran untuk diproses masih disimpan dalam memori utama. Memori ini disebut cache memory yang terdapat pada prosessor, sehingga prosessor akan lebih cepat melakukan proses eksekusi.
                Kinerja CPU didukung oleh memori utama yang merupakan komponen penyimpanan internal dari suatu komputer.



3. Perangkat keras keluaran (Output)

Perangkat Keras Komputer


Perangkat keluaran merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU ke dalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Hasil proses tersebut dapat berupa informasi yang dibutuhkan oleh pengguna komputer. Beberapa contoh perangkat keluaran, antara lain monitor, printer, plotter, dan speaker. Perangkat keras keluaran sangat bermanfaat bagi manusia, karena perangkat keras keluaran mencoba untuk menyesuaikan software atau perangkat lunak yang terdapat dalam sebuah komponen komputer untuk menjadi lebih hidup di luar komponen tersebut.
 

4. Perangkat penyimpanan (Storage Device)
Perangkat Keras Komputer


Selain perangkat input, proses dan output juga terdapat perangkat penyimpanan (Storage). Perangkat penyimpanan merupakan media yang dapat menyimpan data, informasi, instruksi maupun program, baik secara permanen maupun sementara yang suatu saat dapat diambil kembali. Perangkat penyimpanan sangat berguna bagi user karena dapat menyimpan sesuatu dan juga berusaha memfasilitasi user dengan perangkat penyimpanan yang lebih fleksibel.

5. Peripheral
Perangkat Keras Komputer


Selain perangkat keras masukan, proses, keluaran dan perangkat penyimpanan, terdapat pula perangkat tambahan atau pendukung (Pheripheral) yang biasa digunakan untuk menambah fungsi tertentu pada komputer. Perangkat tambahan tersebut dapat membantu untuk mempermudah pekerjaan user itu sendiri.
Itu saja artikel blog yang saya dapat bagikan pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi antum semuanya... jangan lupa juga untuk follow saya di akun google saya sendiri. wassalam....

loading...