Sejarah dan Perkembangan Internet dari Zaman ke Zaman



Assalamualaikum wr wb

Hai antum semuanya. Pasti kabarnya baik semua, dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel atau tautan mengenai “Sejarah dan perkembangan Internet dari zaman ke zaman” dan pastinya saya berharap mudah-mudahan artikel ini juga bermanfaat bagi antum semua. Untuk itu mohon di share ke yang lain. Langsung saja ke artikelnya.

Sejarah dan Perkembangan Internet dari Zaman ke Zaman



Sebelum ke artikel mengenai perkembangan internet kita perlu tahu apa itu pengertian internet, Internet adalah sebuah kependekan dari Interconecction Networking dan mempunyai fungsi untuk menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya dalam hal komunikasi bertukar informasi serta melakukan ekonomi jarak jauh antar benua melalui internet tersebut. Intinya internet merupakan sebuah jaringan yang sifatnya menghubungkan.

SejarahInternet sebenarnya sudah dimulai sejak zaman dahulu tetapi dalam pengaplikasiannya yang digunakan untuk menyebar informasi tidak secanggih seperti sekarang, internet mulai berkembang sejak tahun 1940 dan hal tersebut hanya menghasilkan perhubungan dua buah titik antara instansi pihak pemerintah san salah satu kampus saja. Kemudian internet dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui sebuah proyek dari ARPA sehingga disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), yang mempunyai mekanisme untuk memberikan petunjuk bagaimana software dan hardware dalam sistem berbasis UNIX dan dalam proyek tersebut seseorang dapat melakukan sebuah komunikasi jarak jauh melalui saluran telepon, dan proyek ini merancang semua yang berhubungan dengan kualitas dari Internet tersebut hingga menjadi sebuah pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). 

Sejarah dan Perkembangan Internet dari Zaman ke Zaman


Sebenarnya tujuan pembentukan internet yang dilakukan oleh pihak pemerintah Amerika serikat untuk menjadi ajang show up antara Amerika dengan Uni soviet dalam hal teknologi untuk membutikkan negara super power. Karena pada tahun 1957 Pihak uni soviet meluncurkan sebuah satelit bernama sputnik. Dan dari peluncuran yang dilakukan oleh Uni Soviet, Amerika merasa hal tersebut merupakan sebuah ancaman besar. Mengenai akan hal tersebut Presiden Dwight D.Eisenhower melakukan sebuah antisipasi dengan membangun sebuah teknologi yang tentunya lebin canggih untuk mempertahankan gelar negara tersebut. Hal inilah yang melahirkan sebuah Internet Dunia. Selain tersebut tujuan dibangunnya sebuah teknologi jaringan internet adalah untuk keperluan dalam bidang militer. Ketika itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sebuah sistem jaringan yakni jaringan komputer dengan menhubungkan daerah-daerah yang vital secara tersebar bila ada halnya terjadi serangan nuklir dan juga menghindari informasi secara terpusat pada satu daerah agar tidak terjadi hal perang yang dapat dengan mudah untuk dihancurkan dari pihak Uni Soviet.

Kemudian teknologi Internet ini dimulai ketika pada tanggal 1962 dimana internet mulai dikemukakan oleh J.C.R Licklider dari MIT (Massachutts Institute of Technology). Awalnya dinamakan “Galactic Network” pada saat itu. Dalam hal ini dia berpendapat bahwa teknologi ini dapat memungkinkan orang untuk mengakses sebuah data serta program dari mana saja. Kemudian Oktober 1962 dirinya pun masuk dalam sebuah penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Depatrment Pertahanan Amerika Serikat.

Kemudian pada awalnya proyek ARPANET ini hanya menghubungkan 3 situs saja yakni terdiri beberapa situs University of California (UCLA), Santa Barbara, University of Utah dan Stanford Research, di mana mereka membentuk sebuah jaringan yang terpadu pada tahun 1969, kemudian secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Semakin lama semakin berkembang pesat di pelosok daerah, dan universitas yang terdapat dinegara tersebut mulai ingin bergabung sehingga ARPANET mulai kesulitan untuk mengaturnya.
Dan mengenai hal tersebut pihak ARPANET yang mengalami kesulitan memberikan solusi dengan cara membagi pecah ARPANET menjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan dalam bidang militer dan ARPANET untuk keperluan yang bersifat non-militer, layaknya seperti universitas-universitas. Dari kedua bagian yang pecah tersebut juga dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian lebih disederhanakan lagi menjadi Internet.

Kemudian sebelum diperkenalkan secara umum tentang proyek ARPANET pada tahun 1972, jaringan yang terhubung dengan pihak ARPANET sekitar 23 buah node komputer pada tahun 1971 juga saat itu ditemukan pula e-mail atau electronic mail yang berfungsi untuk mengirimbkan pesan secara cepat dari satu daerah ke daerah lainnya yang mempunyai jarak yang sangat jauh sekalipun walaupun dalam batasan masih terhubung dengan jaringan ARPANET. Disaat pada tahun 1972 untuk menemukan solusi mengenai standar-standar jaringan komputer maka dibentuklah Network Working Group (INWG) dan dalam penstandaran tersebut salah satunya adalah Internet. Yang menjadi pembicara pertama adalah Vint Cerf, yang lalu disebut sebagai “Bapak Internet”.

Sejarah lain pada tahun yang sama yaitu 1972, Ray Tomlinson menuliska sebuah program yang dimana mempunyai fungsi untuk memungkinkan sebuah surat elektronik dapat dikirim ke jaringan ARPANET dirinyalah yang merancang sebuah konversi “user@host”. Kemudian ARPANTE mulai menggunakan NCP untuk melakuka sebuah pentransferan data. Sebelum disederhanakan menjadi Internet, awalnya ARPANET berubah menjadi DARPA. Penambahan yang dilakukan pada huruf yaitu D berasal dari kata D yang maksudnya adalah defense. Pada tahun yang sama pula ARPANET melakukan koneksi secara berskala Internasional untuk pertama kalinya melalui University College of London dan Royal Establishment di Norwegia. Dalam penggabungan tersebut membentuk sebuah WAN (Wide Area Network) sebagai jaringan yang menghubungkan antara dua negara. Beberapa layanan berbasis data komersial layaknya dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke jaringan ARPANET melalui sebuah jaringan dial-up.

Pada tahun 1974 makin berkembang dalam jaringan teknologi ARPANET ini yang mulai menghasilkan perusahaan kontraktor yaitu Bolt, Beranet, dan Newman (BBN), membuka sebuah versi komersial yang disebut dengan Telnet, dan juga merupakan layanan paket data publik pertama.

Jaringan teknologi ARPANET ini semakin lama semakin baik dalam perkembangannya yang dimana pada tahun 1977 sekitar 111 buah komputer yang dihubungkan dalam jaringan teknologi tersebut. Dan ini meruoakan sebuah pencapaian yang sangat baik.

Kemudian beranjak setahun kemudian protokol yang digunakan dibagi menjadi dua buah yaitu Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP) tepatnya pada tahun 1978.

Kemudian setahun lagi yaitu tahun 1979, dibuatlah sebuah diskusi Usenet yang pertama dan dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan juga Steve Bellovin, yang dimana mereka merupakan alumni dari Universitas Duke dan Univesity of North Carolina Amerika Serikat. Dan setelah hal tersebut penggunaan dari Usenet ini pun mulai meningkat secara drastis.

Lalu awal tahun 1980-an mulai mewabahnya sebuah Komputer Pribadi atau PC dan mejadi bagian dari kebanyakan hidup manusia. Pada tahun tersebut sekitar 213 host yang terhubung dengan jaringan ARPANET ini. Salah satu layanan yaitu BITNET (Because It’s Time Network) menyediakan sebuah layanan jasa e-mail, mailing list serta FTP atau File Transfer Protocol. CSNET (Computer Science Network) juga dibangun oleh pihak para pakar dan ilmuwan di bidang komputer yang dimana berasal dari Perdue University, University of Washington, RAND corporation, dan juag BBN disertai dari dukungan dari National Science Foundation (NSF). Dalam hal tersebut jaringan ini menyediakan sebuah layanan e-mail dan juga layanan lainnya kepada para ilmuwa yang jika ingin didapatkan harus melalui mengakses ARPANET.

Sejarah dan Perkembangan Internet dari Zaman ke Zaman


Pada tahun 1982, secara resmi protokol standar yaitu TCP/IP sebagai penggunaan jaringan komputer semakin hari semakin banyak maka dibutuhkan sebuah protokol tersebut. Pada tahun ini pulalah jaringan komputer EuNet yang menyediakan pula jasa jaringan komputer di negara-negara seperti Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia menyediakan layanan e-mail serta Newsgroup.

Selain itu tahun ini juga terdapat pula Name server yang muali dikembangkan lagi sehingga mengizinkan para pengguna untuk dapat terhubung dengan sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju hist tersebut. Dan pada tahun ini pula tercatat sekitar 1000 buah host yang telah terhubung dengan Internet. Dan istilah Internet mulai diperkenalkan juga pada tahun ini.

Selama tahun 1980-an juga adanya jaringan-jaringan tambahan yang terdapat kuhusunya pada LAN, karena main banyaknya yang terhubung dengan ARPANET. Semakin luasnya jaringan maka semaikn mahal pula host yang disediakan. Oleh karena hal tersebut DNS (Domain Name System) dibentuk untuk mengorganisir mesin menjadi lebih mudah dan kompleks ke dalam sebuah domain-domain. DNS juga mampu untuk menyimpan berbagai informasi yang masih berhubungan dengan penamaan

Pada tahun 1988 Jarko Oikarinen dan juga rekannya Finland membuat sebuah aplikasi pendukung tambahan pada jaringan teknologi Internet yaitu Internet Relay Chat. Selang beberapa waktu kemudian yaitu setahun beberapa komputer melakukan hubungan dengan IRC sehingga tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.

Memasuki tahun 1990-an  yang dimana juga merupakan sebuah tahun yang pailng bersejarah dalam dunia teknologi jaringan Internet dimana ketika Tim Berners Lee menemukan sebuah program editor dan browser yang juga bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, sehingga membentuk sebuah jaringan itu. Dan program tersebut adalah www, atau World Wide Web. Tahun ini juga pula ARPANET telah tersusun dari beberapa jaringan-jaringan yang baru, dan sebenarnya terlahir secara sendiri oleh ARPANET. Lalu ARPANET memberhentikan operasinya sehingga terjadi pembongkaran. Tetapi pada tahun tersebut pihak MILNET masih terus untuk beroperasi.

Dua tahun berselang tepatnya tahun 1992, komputer yang terhubung dengan jaringan sudah sebanyak sejuta komputer, dan pada tahun ini pula dikenal sebuah istilah yaitu surfing the internet.

Tahun 1994 situs yang tersedia di internet telah tumbuh menjadi sekitar 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya munculnya sebuah teknologi yang di dukung oleh jaringan internet yaitu virtual shopping atau e-retail di internet. Dunia pun langsung berubah. Pada tahun yang sama pula munculnya Yahoo dan juga menjadi kelahiran aplikasi browser yaitu Netscape navigator. Pada lahirnya Netscape navigator ini pula menjadikan salah satu aplikasi web browser ini menjadi sangat populer sehingga banyak digunakan para user atau pengguna internet. Selain Netscape navigator yang dikeluarkan atau dirilis menjadi aplikasi browser, tidak mau kalah perusahaan yang bermarkas di Oslo, Norwegia mengeluarkan juga aplikasi browser untuk jaringan Internet yaitu Opera.

Setahun berselang tepatnya 1995 IE atau Internet Explorer merupakan salah satu web browser default dari Microsoft corporation dalam sebuah paket instalasi sistem operasi windows. Yang juga merupakan saingan dari Netscape navigator dalam penyedia teknologi internet ini. Karena dalam penggunaannya yang lebih mudah (user friendly), cepat dan juga lebih aman.

Pada tahun berikutnya yaitu tepatnya 2000 internet mengalamai kemajuan yang sangat pesat sehingga banyak komputer yang telah terhubung dengan internet. Banyaknya perusahaan yang mencoba menggunakan teknologi jaringan internet ini untuk mempermudah pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Tahun 2004 juga dikeluarkan salah satu web browser yang dimana pada zaman sekarang sangat sering digunakan yaitu Mozilla Firefox dari perusahaan Mozilla Corporation. Salah satu web browser ini juga merupakan salah satu aplikasi web browser yang sangat elegan juga sangat cepat dalam kualitas jaringan.

Semakin lama jaringan teknologi internet semakin berkembang menjadi luas sudah lebih dari sejuta komputer yang terhubung. Semua aktivitas sehari-hari yang kita lakukan dapat kita lakukan dalam Internet entah itu berjualan online, pencarian informasi, berita terkini, penjualan tiket online, video yang bermanfaat semua ada dalam berbagai macam situs tapi tetap dalam satu paket jaringan Internet.

Internet juga tidak hanya dapat diakses dalam sebuah komputer tetapi dalam HP pun sudah dapat digunakan mulai dari jaringan yang paling kualitas rendah pada saat itu hingga jaringan 4G pada saat ini yang kualitas aksesnya sangat cepat sehingga mudah dalam penggunaannya.

Mungkin hanya itu saja mengenai Artikel sejarah serta perkembangan Internet dari zaman ke zaman mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi antum semua akhir kata.

Wassalamualaikum wr wb



loading...